Jumat, 22 Agustus 2008

Ruang Tanya Jawab: Kepenatuaan

Pertanyaan tentang soal KEPENATUAAN

Meskipun saya bukan jemaat Abbalove Ministries, (saya berasal dari Gereja Isa Almasih) tapi saya sangat paham dengan "isi perut" Abbalove Ministries, karena banyaknya teman saya yang suka dengan antusias "berpromosi" Gereja yang Anda Pimpin ber-enam. Saya melihat dengan kemajuan yang begitu pesat dari Gereja anda, maka saya menghimbau agar Para Penatua bisa mengangkat seorang Penatua yang baru yang saya rasa telah teruji kesetiannya terhadap Abbalove Ministries. Beliau adalah ................... Terima kasih atas perhatian Para Penatua yang bijaksana. Terima kasih.

RY

Dear RY,

Terima kasih atas pertanyaan dan usulan yang menarik.

Dalam Alkitab seorang penatua (presbuteros/episkopos) mempunyai tugas memimpin jemaat, menggembalakan domba-domba Tuhan. Kamus Alkitab di belakang Alkitab bahasa Indonesia berkata:

Penatua Dalam Kisah para Rasul dan surat-surat para rasul, penatua-penatua (kadang-kadang juga disebut: tua-tua jemaat) merupakan para pemimpin yang bertanggung jawab atas kehidupan jemaat. Tugas mereka ialah “menggembalakan kawanan domba Allah ... sebagai teladan bagi kawanan domba itu”, dalam tanggung jawab kepada “Gembala Agung” (1Ptr.5:1-4).”

Anda boleh juga melihat di bagian yang sama tentang Gembala di mana dikatakan, “...para penatua jemaat Kristen diberi tugas menggembalakan jemaat....”

Maka di Abbalove Ministries, cara kepemimpinan adalah berdasarkan prinsip kepemimpinan majemuk ini yang dipakai secara umum di dalam Gereja Perjanjian Baru (Kisah 15:4; 14:23; 20:17-28; Filipi 1:1; 1Timotius 4:14; 5:17; Titus 1:5; Ibrani 13:7-8; Yakobus 5:14; 1Petrus 5:1-7; Wahyu 4:4-11; 5:8-14). Allah sendiri adalah Kepenatuaan Majemuk yang asli yang menjadi teladan untuk semua pemimpin – bhinneka tunggal ika!

Dalam menentukan para penatua ke depan, sebenarnya kami mengakui bahwa sudah beberapa di Abbalove yang siap dan memenuhi persyaratan bahkan sekarang ini berfungsi sebagai penatua, namun ada soal timing, waktunya Tuhan. Pada saat ini kami berenam, dalam konsultasi dengan kawan-kawan lain, dan dalam pergumulan dengan Tuhan, sedang mencari visi dan pola pelayanan masa depan bagi Abbalove. Kami percaya kami harus mengalami perubahan tetapi pada waktu dan kecepatan yang ditunjuk Tuhan.

Hal-hal indah akan terwujud dan kami mohon kalian sabar dan mendukung dalam doa, supaya benar-benar hikmat Tuhan dinyatakan.

Tentu kepenatuaan bukan kompetisi popularitas maka nama calon atau usulan Anda tidak dicantumkan, namun terima kasih atas sarannya.

Terima kasih,

P’Jeff

2 komentar:

Anonim mengatakan...

BLOGNYA BAGUS.
MENGUNDANG BERTAMU KE BLOG SAYA.
GBU

Raymundus Yosibrata,S.Kom,MM. mengatakan...

Terima kasih banyak atas komentar Bung Jeff Hammond atas pertanyaan saya. Saya mohon maaf atas terlambatnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak, atas jawaban yang Bapak berikan. Jika nanti saya ada waktu luang, saya mau membahas masalah teologi yang di-aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. SEKALI LAGI, TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN BAPAK KEPADA SAYA.